Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

Provinsi dengan ibu kotanya yang bernama Mamuju adalah provinsi yang termasuk baru di Indonesia. Baru pada tahun 2004 Sulawesi Barat sah jadi satu provinsi. Sulawesi Barat ialah sebuah provinsi baru hasil pemekaran dari Sulawesi Selatan. Seperti wilayah lain di Indonesia, Sulawesi Barat juga mempunyai kesenian khas mereka. Selain tentunya seni tari serta musik, provinsi paling baru ini mempunyai alat musik tradisional khas. Jenis alat musik tradisional Sulawesi Barat ini sama juga dengan provinsi tetangganya.

Contohnya seperti Provinsi Sulawesi Selatan yang dahulu provinsi induknya? Atau mungkin Provinsi Sulawesi Utara? Yuk, cari info jawabannya di artikel di bawah ini.

7 Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

1. Rebana

rebana kompang

Rebana adalah alat musik tradisional masyarakat Sulawesi Barat. Alat musik ini termasuk ke alat musik Membrapon. Apakah itu alat musik Membrapon? Jadi, Membrapon itu adalah alat musik yang jadikan kulit atau selaput tipis yang direntangkan untuk sumber bunyinya.

Alat musik dari Provinsi Sulawesi Barat ini langkah mainnya dengan dipukul. Dengan bahasa Mandar, Rebana mempunyai makna riskana. Alat musik ini adalah kombinasi di antara budaya Arab dengan budaya Mandar. Tidak cuma Sulawesi Barat, ada pula wilayah yang lain memakai Rebana pada atraksi musik.

2. Pompang

Pa'pompang

Bila Rebana termasuk juga ke alat musik Membrapon yang dibunyikan dengan dipukul, Pompang adalah tipe alat musik yang ditiup. Umumnya tipe alat musik ini dibuat dari bambu. Alat musik Pompang keluarkan bunyi dengan capaian suaranya 2 ½ oktaf tangga suara.

Pompang adalah alat musik yang dibikin dengan menggabungkan potongan-potongan bambu yang mempunyai ukuran besar serta kecil. Bambu dengan potongan yang tinggi serta besar akan keluarkan suara yang rendah. Kebalikannya bambu yang kecil akan keluarkan suara yang tinggi.

3. Kecapi Mandar

Kacaping

Alat musik kecapi dapat kita jumpai di sejumlah wilayah di Indonesia, misalnya Jawa Barat. Tidak cuma di Pulau Jawa, kecapi dapat juga didapati di Pulau Sulawesi. Salah satunya Provinsi di Sulawesi yang mempunyai kecapi ialah Provinsi Sulawesi Barat.

Alat musik kecapi yang dipunyai oleh warga Sulawesi Barat namanya alat musik kecapi Mandar. Tetapi buat warga ditempat mengatakan Kecapi Tobaine. Sayangnya, kecapi ini telah susah untuk didapati. Tidak itu saja, yang dapat mainkan alat musik ini juga cuma sebagian orang saja.

Permainan Kecapi Tobaine ini tidak di ajarkan dengan cara luas cuma dengan cara turun-temurun saja jadi tidak bingung bila tidak beberapa orang yang dapat mainkan alat musik ini. Biasanya orang yang cakap mainkan alat musik ini bisa menjadi pengisi satu acara spesifik.

4. Pakkeke

alat musik tradisional sulawesi barat pakkeke

Juga dikenal dengan nama Keke, Pakkeke adalah alat musik yang lain dari Provinsi Sulawesi Barat. Alat musik ini adalah alat music tradisional yang aslinya dari Mandar yang disebut sisi dari Provinsi Sulawesi Barat.

Tidak cuma memiliki bentuk yang unik, alat musik yang namanya Pakkeke ini mempunyai kekhasan tertentu dalam soal bunyi. Bambu adalah bahan yang dipakai untuk bikin alat musik ini. Bambu yang diambil yang ukurannya kecil dengan ujung yang dililit daun kelapa kering untuk alat dampak bunyi.

5. Calong

alat musik tradisional sulawesi barat Calong

Sekilas terdengar seperti Calung, alat musik dari wilayah Jawa Barat yang dibuat dari bambu. Rupanya Alat musik yang saling memakai bilah bambu ini dipunyai oleh warga Sulawesi Barat serta mereka mengatakan Calong. Alat musik ini termasuk juga ke tipe alat musik perkusi.

Bambu yang mempunyai kualitas paling baik buah kelapa dipercayai untuk bahan penting dalam pengerjaan Calong. Bilah-bilah bambu selanjutnya diolah dengan dibuat yang kuat ke atas kelapa serta yang sudah dibikin jadi seperti mangkok.

Calong yang disebut alat musik perkusi ini semestinya tidak dimainkan oleh sebagian orang. Semestinya alat musik ini cuma dibawakan dengan cara perseorangan atau solo tetapi sebab permusikan makin maju jadi alat musik ini seringkali dibawakan dengan cara massal.

6. Popondo

talindo

Alat musik yang dari Sulawesi Barat ini rupanya mempunyai keserupaan dengan alat musik yang namanya Popondi yang dari Sulawesi Selatan. Popondo dikatakan sebagai alat musik Tolindo adalah alat musik berdawai satu serta batok kelapa jadi resonator untuk alat musik ini.

Popondo dimainkan oleh beberapa remaja sesudah petani membuat perayaan panen. Permainan alat musik ini dilaksanakan untuk isi waktu senggang mereka. Bahan untuk bikin Popondo ialah kayu, senar dan tempurung kelapa.

Kata Tolindo sendiri aslinya dari Bugis sedang Popondi adalah panggilan yang diketahui di daerah Makassar. Bentuk Popondi atau Tolindo seperti dengan sundul kerbau atau sapi yang bertopang pada tempurung kelapa. Di ujung sisi atas yang berbentuk sundul terpasang satu senar.

7. Sattung

sattung

Alat musik tradisional dari Sulawesi Barat ini namanya Sattung. Sattung ialah tipe alat musik petik yang dibikin dari bambu. Bambu yang mempunyai batas yang panjang akan membuahkan sattung yang baik. Bambu itu harus dikeringkan lebih dulu selanjutnya dipotong sesuai dengan batas.

Dengan pemangkasan sesuai dengan batas bambu karena itu tulang bambu dapat terus menempel jadi tidak nampak bolong. Selanjutnya ujung-ujung bambu diikat supaya tidak ada kerusakan waktu kulit bambu dicungkil sekitar 2 sampai 3x.

Pada jaman dulu sattung dimainkan saat waktu luang untuk memberi penghiburan. Saat ini alat musik sattung dipakai untuk alat musik yang dipakai waktu upacara pengukuhan raja. Sekarang peranan sattung tidak lagi seperti dahulu tetapi cuma untuk alat musik pelengkap atraksi saja.

Penutup

Itulah beberapa jenis alat musik tradisional khas Sulawesi Barat yang beberapa masih ada sampai sekarang ini. Telah semestinya peninggalan budaya beberapa leluhur untuk dijaga kita beberapa generasi muda. Supaya hadirnya masih berharga serta supaya tidak hilang ditelan jaman.

Default image
Wikiveria
Redaksi Wikiveria - Media Tempat Berbagi Opini, Edukasi dan Informasi Masa Kini. Baca Yukk...
Articles: 30

One comment

  1. […] Baca Juga: Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat […]

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d blogger menyukai ini: